Branding

6 Cara Jitu Jualan Produk di Instagram Biar Laku Keras

1. Tentukan Target Jualan

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menjual produk di Instagram yakni menentukan target pasar. Caranya dengan mengetahui produk atau jasa apa yang sedang diminati atau dibutuhkan pembeli dalam jangka panjang.

Hal ini penting dilakukan untuk menentukan metode promosi sehingga menarik perhatian warganet. Di samping bertujuan menghemat tenaga dan modal karena telah mengetahui produk dan jasa yang diperjualbelikan.

2. Buat Guidelines Profil Instagram Anda

Guidelines merupakan kerangka acuan yang akan digunakan dalam setiap proses aktivitas. Bagaimana Anda akan membangun profil instagram agar dapat menarik perhatian? Bahasa Apa yang akan Anda gunakan? dan Bagaimana Anda memanggil audiens Anda? Salah satu guidelines terpenting dalam membangun instagram adalah feeds Instagram.

Berikut tips untuk membangun feed guidelines Instagram Anda agar feeds Anda terlihat estetis,

  1. Menyelaraskan warna pada tiap feeds Instagram. Baik warna produk maupun tone warna foto.
  2. Menyelaraskan jenis produk yang dijual pada tiap feeds.
  3. Menggunakan tamplate pada tiap feeds Instagram.
  4. Menggunakan latar belakang yang sama di tiap foto.
  5. Menggunakan grid yaitu Anda mendesain sebuah gambat besar yang kemudian dipotong-potong menjadi beberapa feeds.

Selain feeds, Anda juga harus membuat guidelines tulisan. Dengan gaya bahasa apa Anda berinteraksi dengan audiens. Bagaimana tamplate instastory Anda, berapa hari dalam seminggu Anda akan melakukan promosi, dan lain sebagainya.

3. Terus Berinteraksi dengan Audiens

Berinteraksi dengan audiens adalah elemen penting dalam Instagram Marketing. Hal ini bertujuan untuk terus memberikan kesadaran tentang eksistensi bisnis Anda kepada konsumen. Selain itu, dengan terus memberikan kesempatan interaksi dengan audiens, Anda dapat menciptakan crowd yang mungkin akan berdampak pada jumlah followers, pembeli atau cakupan lainnya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di antaranya,

  1. Membuat  mini quiz melalui instagram story. Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang terkait dengan produk yang dijual. Anda tidak perlu memberikan hadiah.
  2. Mengadakan giveaway pada momen tertentu. Misalnya sebulan sekali, atau saat perayaan tertentu. giveaway juga tidak selamanya memberikan produk. Anda dapat memberikan kupon potongan harga.
  3. Menjawab setiap komentar. Hal ini memang sangar sepele, namun memiliki dampak besar. Dengan merespon cepat komentar konsumen, Anda akan mendapat perspektif positif dari konsumen Anda.

4. Follow Calon Konsumen dari Pasar yang Sama

Pernahkah Anda tiba-tiba di-follow oleh akun bisnis yang sangat sesuai dengan keinginan Anda? Ya, mereka menerapkan strategi ini.  Karena masyarakat di Instagram yang luas dan beragam, hal ini menjadi strategi yang memiliki peluang besar keberhasilannya.

Lalu caranya bagaimana? Anda dapat membuka hashtag yang berkaitan dengan produk Anda atau membuka akun pesaing bisnis Anda, lalu follow audiensdari hashtag dan Akun pesaing bisnis Anda. Lakukan hal ini tiap hari namun dengan batasan, Misalnya, sehari Anda mem-follow 30 orang. kemudian di hari berikutnya 30 orang lagi.

Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan calon audiens dengan berkomentar di akun-akun bisnis pesaing atau influencer. Hal ini sah-sah saja dilakukan karena tidak melanggar hukum privasi.

5. Jangan Remehkan Kekuatan Instagram Content

Konten Instagram adalah elemen paling penting saat melakukan Instagram Marketing. Jika di awal tahun 2010-an, Para penjual Instagram hanya mengandalkan foto produk saja, kini para pebisnis di Instagram juga mengandalkan konten. Anda dapat membuat dua akun bisnis; akun katalog dan akun utama.

Berikut tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten Instagram:

  1. Menggunakan foto produk namun Anda dapat menggunakan storytelling atau artikel dalam caption. Buatlah tulisan di akhir konten dengan menggiring konsumen untuk menggunakan produk Anda.
  2. Membuat konten di dalam feed instagram. Konten dapat berupa infografis, slideshow yang berisi pengetahuan yang berhubungan dengan produk Anda. Misalnya, tutorial membersihkan sepatu.
  3. Ingat hari-hari penting. Hal ini berpengaruh dalam membuat konten yang akan dibuat. Misal Anda penjual pakaian basket, Anda dapat membuat konten biografi tentang tokoh pebasket di hari ulang tahun tokoh tersebut.
  4. Buat kampanye. Konten Kampanye bermacam-macam, Anda dapat membuat content gimmick atau video teaser. Misalnya, Anda dapat membuat film pendek yang berisi soft-selling produk Anda.

6. Menfaatkan Fitur-fitur Instagram

Instagram saat ini memiliki fitur yang beragam salah satunya Instagram for business. Buat akun Anda secara profesional menggunakan Instagram for business. Salah satu kelebihan menggunakan akun profesional Anda dapat melihat kinerja akun Anda dengan fitur insight. Fitur ini dapat melihat jumlah akun yang melihat profil Anda, jumlah yang menyukai postingan Anda hingga berapa konsumen yang berinteraksi dengan Anda.

Fitur lain Instagram yang dapat Anda manfaatkan sebagai bisnis antara lain:

  1. Instastory. Anda dapat melakukan interaksi seperti pollingmini quiz, dan juga mini content.
  2. Highlight. Fitur ini memudahkan Audiens dalam melihat informasi yang lebih detail. Misal Anda dapat membuat highlight untuk testimoni, daftar harga, dan juga promo pada hari tertentu.
  3. Instagram Ads. Fitur ini memungkinkan Anda meluncurkan iklan di Instagram. Dengan fitur ini juga Anda dapat memilih apa yang ingin Anda luncurlkan. Seperti feeds, story, atau seluruh akun Anda.
  4. Direct purchase, Konsumen dapat langsung membeli produk melalui feeds. Tiap feeds dapat terhubung dengan platform lain seperti facebook atau website.